File Sharing Berbasis webbase (Ajaxplorer)

kalau kita membicarakan sekarang, sudah banyak orang berkerja secara mobile (tidak di kantor menurut ane :)) dan menyimpan data di salah server yang menyediakan fasilitas berbagi file seperti Google Drive, Ubuntu One, Dropbox, Skydrive dan lain – lain. keuntungan yang didapatkan dalam penggunaan fasilitas berbagi file tersebut adalah kita dapat mengakses data yang kita punya dimana pun ( tentunya di tempat adanya akses internet ), maka file yang kita simpan kita unduh untuk di pergunakan.

Didalam lingkungan kantor, biasanya kita menyimpan data pada file server dan diakses hanya di lingkungan kantor semata, maka dari itu banyak beberapa user yang ada di kantor terkadang meletakkan data mereka pada layanan cloud file server yang disebutkan seperti diatas. bagaimana data yang ada, dapat diakses secara  mobile dan tidak disimpan pada beberapa layanan diatas  untuk menghindari kerahasian data? dan apakah ada aplikasi yang serupa seperti layanan tersebut.

Kalau kita berbicara FIle sharing, sebenarnya sudah banyak jenisnya bahkan yang opensource seperti owncloud tapi disini kita akan membahas aplikasi opensource Ajaxplorer yang dapat dijadikan sebagai file sharing yang berbasis web. Yang membuat penulis ingin membahas tentang Ajaxplorer, karena Ajaxplorer memberikan kita kemudahan dalam setup dan user friendlynya, ajaxplorer juga dapat di bangun di lintas platform karena ajaxplorer dapat berjalan ketika Lampp dan Xampp telah terinstall di sistem kita.

ini sedikit kutipan dari website http://ajaxplorer.info/

AjaXplorer is an open source alternative to saas « Box » solutions for the enterprise, instantly turning any server into a file sharing platform. Access and share documents from anywhere through a powerful web interface, or with dedicated iOS and Android applications.

Gain back control and privacy on your data, reduce your costs, and empower your users with AjaXplorer: consumer-grade simplicity allied to enterprise-grade compliance. AjaXplorer deploys on top of your legacy filesystems and instantly connects to your existings users directories. Its plugin-oriented architecture makes it ready for all situations.

sekian dulu ye,, untuk pengenalannya,, kalau ada kesempatan kita lanjut untuk penginstallannya. lagi capek soalnye,, wkwokwowk

 

 

 

2 thoughts on “File Sharing Berbasis webbase (Ajaxplorer)

    • belum pernah coba make alfresco toni pak,,, hehehe,,, kalau di clearos ada juga pak namanya flexshare kalau gak salah pak,, cuman toni gak tahu pak flexshare dah dukung ldap atau gak pak,,

Leave a comment