Hari Kedua di SEAMOLEC

Pada hari kedua ini, saya dan kawan-kawan melaporkan bagaimana tugas pembuatan digital book yang disuruh, apakah ada kesulitan dan kendala dalam pengerjaan pembuatan tersebut. ternyata ada beberapa permasalahan yang ada yang saya tidak tahu bagaimana dalam menyelesaikan diantaranya, bagaimana cara membuat daftar isi yang terlink dengan halaman yang di klik (dapat di lakukan dengan cara create table of content untuk format htmlnya ), bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika ada sebuah judul tulisan yang tidak sesuai dengan editan yang di lakukan didalam aplikasi (bisa di lakukan dengan cara mengcopy judul bab (“stylenya”) sebelumnya (Kalau saya biasanya tinggal hapus ketik manual hehehehe)), dan bagaimana cara menambahkan back cover di digital booknya (bisa di lakukan dengan cara menduplicate file cover depan dan mengubah htmlnya dibagian syntax image arahkan ke image back cover kita) dan juga saya melihat kawan yang memiliki design cover yang keren-keren, kalau punya saya mah jelek covernya (maklum, memang gak pande design). ya karena kepingin bagus juga saya coba mencari referensi cover-cover yang bagus di google. Akhirnya, walaupun tetap buruk alhamdullilah lebih baik di bandingkan dengan sebelumnya hehehehe (menurut ane pulak ntu wkwowowk).

kesulitan yang didapatkan dalam pembuatan digital book menggunakan “sigil” dan penampilnya menggunakan addons readium di google chrome adalah banyak tidak sinkron antara apa yang dilihat di sigil agak berbeda dengan di browser chrome. terkadang pas di buka mencoba aplikasi pembaca ebook di android (e-reader) lebih baik di bandingkan di chrome. “sigil” memiliki beberapa keleamahan diantaranya kurang sempurnya penconvert atau save ke epub (menurut ane ). misalnya sebuah judul bab ebook tersebut sudah bagus, tetapi pas bab selanjut nya berbeda padahal ketika di buka menggunakan web browsur sudah bagus. yah terpaksa manual saya mengeditnya dan mencoba mencari apa perbedaan yang mendasar antara sub yang bagus tampilannya dengan sub yang tidak bagus.
jam-jam terakhir hendak pulang, kami di perkenalkan sedikit bagaimana menggunakan screen cast-o-matic.

Sekian dulu untuk hari ini, semoga hari esok lebih baik pada hari ini. dan kegiatan yang dilakukan lebih di Ridhoi oleh Allah SWT

Leave a Reply

