Magang di Polda (Februari)

Pada tanggal 5 Februari, Saya (Antoni Haikal) berangkat dari jakarta pada jam 10.25 dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA0174 atau GA174 Tiba di Pekanbaru kurang lebih pada jam 12.25 dan waktu itu di jemput oleh pihak POLDA RIAU.

Pada hari pertama ini, mengetahui bahwasanya kelas PJJ STIK PTIK POLDA RIAU berlokasi di SPN Pekanbaru. Disini memiliki dua kelas dan yang sudah bisa digunakan baru satu kelas. Didalam kelas pertama memiliki beberapa kelengkapan diantaranya :

  1. Sebuah laptop merk Fujitsu
  2. Sebuah proyektor merk NEC
  3. Microfon Perception
  4. Speaker merk Soundcrest
  5. Webcam merk Logitech

Informasi terakhir yang di dapat waktu pengarahan di SEAMOLEC bahwasanya ICITAP membantu menyediakan :

  1. Satu buah laptop
  2. Satu buah Modem
  3. Satu buah Proyektor
  4. Satu buah printer
  5. Satu buah webcam

Jadi yang belum toni dapatkan adalah sebuah modem dan sebuah printer. Dan berikut beberapa gambar dari kelas PJJ POLDA RIAU

IMG_20140227_135127

 

IMG_20140227_135901

IMG_20140227_135934

 

Pada tanggal 6 Februari, kembali lagi di kelas pertama. saya memeriksa kembali apakah perlengkapan yang sudah ada dapat di pergunakan. setelah melakukan pemeriksaan perlengkapan dapat di pakai dengan baik. pada hari kedua ini, saya mendapatkan ternyata penggunaan internet PJJ ini tidak menggunakan LAN yang seperti disarankan oleh pihak PTIK melainkan menggunakan WIFI.ID. dari pengecekan menggunakan Speed Test, asumsi saat ini bahwasanya jaringan tersebut mampu untuk di gunakan di kelas PJJ. Tapi asumsi ini tidak bisa di gunakan apabila terjadi permasalah ketika “benar-benar”  melakukan kegiatan Web confrence dikarenakan asumsi ini belum di tes ketika melakukan web confrence. Untuk topologi jaringannya sendiri, saya belum mendapatkannya karena pihak dari teknisi POLDA nya belum dapat bertemu dengan toni.

Pada tanggal 7 Februari, kembali lagi di kelas pertama. Saya bertemu dengan teknisi Polda Riau. Dari keterangan teknisi polda tersebut permintaan Topologi jaringan disarankan melalui pihak SDM nanti pihak SDM yang akan mengajukannya ke pihak IT nya. Pada siangnya sekitarnya jam 14.00 WIB pihak PTIK mengadakan Web Confrence menggunakan Webex cisco. Conference tersebut membahas tentang  :

  1. Persiapan PJJ di MAPOLDA dan SPN.
  2. Assesment jaringan yang ada.
  3. Kelengkapan peralatan di MAPOLDA dan SPN.
  4. Pemberitahuan bahwasanya akan ada utusan dari MABES POLRI untuk mengecek perlengkapan yang ada dalam hal teknologi informasi (Komputer, projector, laptop, acces point, Dll). Dan persiapan dari kelas PJJ tersebut.

Ketika melakukan web conference dengan pihak PTIK bahwasanya asumsi pertama dari toni tentang jaringan untuk kelas pertama yang menggunakan WIFI.ID mumpuni untuk melakukan kegiatan PJJ. Ini di buktikan saat melakukan “ping”, Ping relative stabil untuk lebih jelasnya dapat di lihat dari gambar dibawah ini dan lampirannya. Dan untuk permasalahan yang di dapatkan masih kurang jelasnya suara dari sini ke PTIK. Asumsi toni, itu disebabkan dari settingan Microfon itu sendiri, untuk lebih pastinya toni akan mengecek tentang permasalahan ini.

gambarPing07022014

 

Tanggal 10 Februari 2014. Pada tanggal ini saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Tiba dikelas Pjj saya melakukan pengecekan ke group pjj apakah video rekaman conference yang dilakukan pada tanggal 7 februari kemaren telah diupload oleh pihak PTIK. Setelah melakukan download file tersebut, toni melakukan conference menggunakan webex dengan pihak Metro Jaya (faizal) dan berjalan dengan normal. Tetapi ada sedikit kendala ternyata mic dari kelas PJJ ini masih kurang jelas di dengar oleh pihak metro jaya. Setelah melakukan diskusi ternyata permasalahannya dikarenakan Mic yang ada di kelas PJJ ini outputnya ke speker bukannya ke laptop langsung. Setelah melakukan pengecekan tersebut, toni pergi ke POLDA RIAU untuk menyerahkan hasil penyuluhan (Video Rekaman) ke pihak yang bersangkutan. Waktu itu, saya menyerahkan ke KASUBAG SELEKSI dikarenakan KABAG DAPERS tidak ada di tempat. Dan saya menanyakan permasalahan tentang topologi jaringan. Dan setelah di konfirmasi oleh KASUBAG SELEKSI, bagian TI bisa bertemu besok.

Tanggal 11 Februari 2014. Pada tanggal ini, saya kembali ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Setelah melihat kelas PJJ saya langsung ke POLDA RIAU untuk menanyakan masalah TOPOLOGI JARINGAN. Dan saya di temani ke bagian TI untuk langsung meminta TOPOLOGI JARINGAN yang ada. Setelah berdiskusi dengan bagian yang bersangkutan, ternyata untuk topologi jaringan yang ada di SPN mereka tidak punya dan untuk toplogi jaringan POLDA mereka tidak bisa memberikan karena tidak ada surat untuk permintaan topologi tersebut.

Tanggal 12 Februari 2014. Pada tanggal ini, saya kembali ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Pada tanggal ini saya hanya memeriksa kestabilan dari jaringan WIFI.ID ini sendiri. Dan ternyata, saya mendapatkan sedikit kesimpulan bahwasanya Wifi.id ini akan meminta password kembali pada waktu-waktu tertentu. Untuk permasalahan ini, saya mendapatkannya sekitar jam 5 sore. Dan untuk memastikan permasalahan ini, saya akan pergi ke Telkom besok.

Tanggal 13 Februari 2014. Saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Pada tanggal ini saya meminta izin ke salah satu anggota polisi untuk membawa Mic untuk mencari sambungan mic agar dapat disambungkan ke laptop sehingga output dari Mic tersebut dapat langsung ke laptop barang yang saya bawa dapat dilihat dari gambar di bawah ini.

mic

 

Setelah mendapat izin untuk membawanya, saya mencarinya ke Jl. Nangka (Pekanbaru). Dari beberapa toko, tidak ada yang menjual sambungan langsungnya yang sudah jadi, tapi bisa dibuat oleh orang toko tersebut. Karena tidak ada sambungan yang sudah jadi, saya langsung bertolak ke kantor Telkom Pusat yang berada di Jl. Jendral Sudirman (Pekanbaru) untuk menanyakan perihal jaringan WIFI.ID tersebut. Tibanya di Telkom, ternyata untuk pelayanan Wifi.id sudah tutup dan saya hanya berbicara dengan bagian Customer Service (CS) umum. CS tersebut tidak dapat memberikan penjelasan yang jelas tentang Wifi.id tersebut, karena dari pengakuannya dia sendiri kurang jelas tentang layanan Wifi.id tersebut sehingga dia menyarankan untuk bertemu langsung dengan pihak WIFI.ID nya dan saya meninggalkan nomor telepon saya disana agar nantik dikabarkan kalau Wifi.id sudah datang. Dan saya tunggu sampai sore dari kelas Pjj tidak ada kabar dari pihak CSnya sendiri.

Tanggal 14 Februari 2014. Saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Setelah meletakkan tas di kelas, saya langsung mencari lagi sambungan MIC tersebut, dan saya putuskan untuk kembali ke Toko kemaren agar di buat kan kabel Mic tersebut. Kabel yang dibuat oleh pihak Toko tersebut adalah kabel Mic yang berjenis Mono. Dan saya kembali ke kelas, dan langsung melakukan pengecekan kembali Mic tersebut dan meminta bantuan dengan pihak Metro Jaya agar di buatkan kelas Demo Webexnya. Setelah melakukan web conference yang cukup lama, saya menanyakan pendapat dari Metro Jaya “Mana yang lebih bagus suara mic yang kemaren atau yang sekarang  ?“ jawaban dari Metro Jaya “ Lebih bagus sekarang, tapi suaranya agak kecil tapi sudah jelas”. Untuk permasalahan ini, saya akan mengeceknya kembali.

Tanggal 17 Februari 2014. Saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru untuk mempersiapkan conference yang akan dilakukan pada jam 09:00 WIB yang akan dilakukan bersama dengan KRD Mentor, Mentor, Teknisi, dan Admin berkaitan dengan mekanisme perkuliahan Tatap Muka Online. Dalam melakukan conference, toni mendapatkan beberapa kendala di antaranya paket Flexi zone yang kami pakai untuk kelas PJJ ini ternyata sudah tidak bisa di pakai lagi. Sebenarnya permasalahan ini telah di tanggulangi oleh pihak disini dengan cara mengisi ulang Flexi zone tersebut dan seharusnya sudah bisa ternyata kita harus mengisi mendaftar ulang lagi karena waktu itu paket bulanannya sudah habis dan pulsa untuk membayar paket bulanan untuk melanjutkannya tidak ada dan kebetulan lagi kami tidak tahu kapan sebenarnya habis dan kapan terakhir kali di isi. Untuk mengatasi masalah ini, kami akhirnya menggunakan flash zone punya toni dan flexi zone punya salah seorang anggota POLDA RIAU. Kesimpulan yang toni dapatkan ketika melakukan conference adalah ternyata flashzone akan meminta login kembali setalah 1 jam dan untuk flexizone akan merestart sebentar sehingga jaringannya toni cek, kita lost packet sekitar 5 lost setelah 2 jam tapi tidak meminta login kembali seperti halnya flashzone. Dan untuk koreksi dari PTIK-nya suara dari kelas PJJ POLDA RIAU masih kurang bagus.

Tanggal 18 Februari 2014 Saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Pada tanggal ini kami, dapat kunjungan dari tim STIK. Sebelum datang tim STIK, toni mengecek kesiapan barang dan conference yang ada di kelas PJJ. Dan toni menemui solving problem tentang suara kelas PJJ RIAU kurang bagus. Ternyata ini dapat di selesaikan dengan mendisable salah satu audio device yang ada di laptop ini. Dan ini telah di uji dengan teman di POLDA dan dari keterangan mereka bagus. Dan ketika TIM STIK telah datang, kami KRD Mentor, Mentor, teknisi, admin di wawancara tentang hal-hal yang berkenaan kelas PJJ ini. Sebenarnya pada hari ini, TIM STIK akan melihat apakah alat-alat dari ICITAP dapat berfungsi dengan baik, tapi karena waktu itu masih mati lampu maka akan di lihat pada besok hari nya.

Tanggal 19 Februari 2014 Saya kembali lagi ke kelas pertama PJJ yang berlokasi di SPN Pekanbaru. Pada hari Rabu ini, kami mengadakan percobaan conference dengan seluruh Polda yang ada untuk melihat kesiapan kelas PJJ yang ada. Pada saat melakukan percobaan bersama pihak tim STIK yang datang ke RIAU kami mendapatkan beberapa permasalahan, ternyata mati lampu masih berlanjut sampai hari ini. Genset SPN Pekanbaru telah dihidupkan,tapi tidak stabil sehingga toni pribadi rada “Takut” untuk melakukan percobaan. Sehingga pihak Polda Riau mempersiapkan genset yang pada waktu itu meminjam genset salah satu anggota Polda Riau. Sebenarnya dalam pengamatan toni, genset tersebut belum-lah stabil, tetapi karena keperluan yang mendesak kami harus menjalankan Percobaan Confrence tersebut. Tetapi dapat lagi masalah baru, ternyata internet (Wifi.id) yang kami gunakan tidak bisa di gunakan sehingga terpaksa menggunakan jaringan Speedy yang tidak aktif lagi. Tapi sebelum menggunakan Speedy tersebut kami menggunakan MODEM Broadband yang merupakan bantuan dari pihak ICITAP dan ternyata tidak mumpuni dalam melakukan Confrence dan akhirnya kami menggunakan Speedy walaupun masih tetap “kurang“ mumpuni dalam kegiatan Confrence tersebut. Walaupun begitu kami akhirnya dapat menyelesaikan kegiatan Confrence tersebut dengan lancar dan sedikit memiliki gangguan.

Sekitar sore harinya, tim dari Telkom datang memeriksa kesalahan apa yang terjadi pada perangkat Wifi.id kami, ternyata setelah di cek sedemikian rupa ternyata Kabel FO untuk Wifi.id tersebut terputus sehingga perlu dilakukan perbaikan. Perbaikan tersebut selesai di lakukan hingga jam 10 malam pada waktu setempat. Dan sebelum pulang toni, melakukan pengecekan pada wifi.id tersebut dan ternyata dapat berjalan dengan lancar kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s